term
term
term
term

    Membuat Snippet PHP sederhana untuk MODx Revolution

  • Oleh : Novriko P. Parhusip
  • Kategori : snippet, modx, revolution
  • 08 Nov 2010

Bagaimana menambahkan snippet/program kecil PHP pada framework MODx.

Dalam mengembangkan situs secara profesional, para pengembang seringkali harus membuat programnya sendiri untuk kebutuhan-kebutuhan khusus. MODx memiliki komunitas yang secara terus menerus berkontribusi dalam membagi program-program buatannya secara gratis. Anda dapat menemukannya di halaman EXTRA pada situs modxcms.com.

Sekarang, seberapa sulitkah kita bisa menggunakannya, dan bahkan membuat sendiri yang baru? Dalam menjelaskan ini, saya mengasumsikan bahwa Anda telah mengetahui dasar-dasar bahasa pemrograman PHP.

Lokasi Snippet pada MODx Revolution

Lokasi snippet ada di dalam tab Elements, dan Anda tidak mungkin keliru untuk mengenalinya.

Snippet bisa berada lebih dari satu, dan korelasinya ke bagian MODx yang lain bisa lebih kompleks. Snippet adalah bagian utama dari MODx sebagai pengganti PHP yang diletakkan dalam template atau langsung pada isi halaman. Dan hal ini menjadi penting jika situs yang dikembangkan dilakukan oleh banyak orang, sehingga web-designer dan php-programmer dapat bekerja sendiri-sendiri tanpa saling menunggu.

Klik kanan pada bagan "Snippets" di navigator kiri, dan mulailah membuat perintah PHP seperti ini:

snippet baru snippet baru

Yang harus diperhatikan adalah akhir hasil dari snippet ini harus selalu "return", bukan "echo", karena MODx memanggilnya dari dalam sebuah method (fungsi).

 

Snippet pada Template

Seperti yang pernah saya jelaskan dalam beberapa waktu lalu tentang membuat Template, saya akan memberikan contoh kecil lagi bagaimana kali ini menempatkan Snippet pada Template.

  <!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN">
  <html>
    <head>
      <title>[ [ *pagetitle ] ]</title>
      <meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">
    </head>
    <body>
      [ [!snippetName] ]
      [ [ *content ] ]
    </body>
  </html>

Simbol tanda seru " ! " di depan snippet adalah perintah khusus agar snippet ini tidak di simpan dalam cache file. Sehingga dalam setiap kali pemrosesan halaman, MODx akan selalu mengolah perintah PHP yang bernamakan "snippetName" itu.

Snippet pada Isian

Anda dapat juga langsung memanggil snippet PHP itu didalam isian halaman (resource's content), atau menyimpannya di dalam chunk (karena parameter-parameter yang berbeda-beda; akan saya jelaskan lebih lanjut pada bagian yang berbeda), atau di dalam snippet lainnya dengan menggunakan API.

snippet pada isian

Hasilnya dapat Anda lihat seperti yang ada pada halaman ini.

Jika Anda membuat Snippet PHP dalam skala yang besar, mungkin Anda menginginkan adanya variable-variable yang bisa fleksibel. Untuk ini, Snippet di panggil dengan menggunakan tanda " & " sebagai target parameternya. Contohnya adalah snippet Wayfinder (yang membuat menu pada MODx), dipanggil dengan tag [ [ ! Wayfinder? &startId=`0` ] ] , yang artinya: memanggil snippet Wayfinder, dan menetapkan variable <?php $startId=0 ;?> yang dipakai sebagai standar pemanggilan (snippet call).

Silahkan Anda pelajari lebih lanjut snippet-snippet yang sudah ada, jika Anda berkeinginan untuk menggali lebih dalam lagi potensinya.

Salam MODx.


Comments

blog comments powered by Disqus