term
term
term
term

Pengenalan dasar mengenai sistem MODx Revolution

Selamat bergabung dengan para pengguna MODx lainnya.

Tulisan berikut ini akan menjelaskan dasar-dasar yang perlu diketahui dalam pembuatan situs dengan menggunakan MODx Revolution sebagai CMS/framework-nya. Saya akan berusaha menjelaskan hal ini dengan cara yang paling mudah, namun juga mendorong agar Anda menggalinya sendiri lebih dalam lagi. Untuk dokumentasi resmi (official documentation) bisa Anda lihat di http://docs.modxcms.com (akan diteruskan ke halaman baru di http://rtfm.modx.com/dashboard.action). Dan jika Anda masih menemukan kesulitan yang tidak bisa Anda pecahkan, cobalah bertanya ke Forum MODx Indonesia. Siapa tau ada rekan-rekan yang bisa membantu Anda.

Konsep Dasar

MODx menggunakan PHP sebagai framework dasarnya dan HTML dipakai sebagai dasar Template-nya. Untuk membangun situs menggunakan MODx, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli pemrograman PHP, namun paling tidak Anda telah memahami dasar-dasar HTML.

MODx mempunyai beberapa bagian dasar yang cukup Anda ketahui sebagai permulaan:

Resource

Resource pada intinya adalah lokasi halaman situs. Dia bisa berupa isi HTML, sebuah file, forwarding link, atau symlink, atau yang lainnya (akan dijelaskan pada bagian yang berbeda).

Template

Template adalah tempat dimana Resources berada. Dia bisa berupa kode HTML dasar.

Template Variable

Template Variable (TV) adalah isian buatan (custom fields) untuk sebuah Template yang menyempatkan para pengguna untuk memberikan isian khusus kepada sebuah Resource. Contoh yang paling berguna adalah membuat tag pada setiap halaman situs, yang selalu berbeda-beda dengan halaman-halaman lainnya. Anda bisa memiliki TV yang tak terbatas.

Chunk

Chunk adalah sebuah blok/potongan isi HTML yang sederhana, namun bisa apa saja yang ingin Anda tuliskan, kecuali untuk menjalankan sebuah proses PHP. Dia bisa berisikan elemen-elemen lainnya (Snippet, Chunk, TV, skrip Javascript, tautan gambar, dll).

Snippet

Snippet adalah tampilan dari pemrosesan program PHP yang dijalankan ketika halaman situs dibuka. Dia menjalankan program PHP apa saja yang Anda inginkan, seperti pengolahan menu, data buatan, pemrosesan formulir (form), mengunduh RSS, dll.

Plugin

Plugin adalah program PHP dalam sebuah kaitan proses (event hook) yang dijalankan pada bagian-bagian proses tertentu sebelum sebuah halaman situs selesai sampai pada tampilan hasil akhirnya. Dia digunakan sebagai pengembangan dan penambahan fungsi-fungsi kode utama (core code) dari CMS ini, seperti pengolahan kata-kata yang buruk, automatisasi kamus pada kata, pemberian warna pada setiap kata kunci dari hasil sebuah search engine, dll.

Apa yang terjadi pada sebuah proses (Request) ?

  1. MODx mengumpulkan Resource
  2. mengambil Template dari Resource tersebut
  3. meletakkan Resource atas Template ini
  4. mengubah isian dari setiap tag yang terdapat dari gabungan bagian di atas, dalam urutan sesuai mana duluan yang tercapai
  5. dan akhirnya menampilkannya ke browser

Lanjutan

Masih ada lagi bagian yang menjadi daya tarik besar dari CMS ini, seperti Module (MODx Evolution) atau Custom Manager Page / CMP (MODx Revolution) yang merupakan bagian-bagian buatan khusus yang tampilannya berada di bagian Manager. Tidak semua CMS memiliki fleksibilitas yang tinggi seperti MODx dalam bagian yang ini. Beberapa diantaranya justru sengaja memberikan batasan tersebut karena alasan tertentu. CMP ini sangat berguna jika Anda menginginkan sebuah aplikasi khusus yang berjalan di situs Anda, yang memang hanya dapat diakses oleh pengguna tertentu, seperti: database khusus ke data pelanggan, agenda, pemeliharaan database, manajemen mailing list, dll.

MODx Revolution juga memberikan sebuah sistem akses berdasarkan Attribute-Based Access Control (ABAC). Pada sebuah situs besar yang memiliki banyak pengguna Manager, administrasi akses bisa diatur dengan sangat detail, sehingga mampu memberikan akses dari yang paling sederhana hingga pengaturan yang rumit.

Tutorial tentang hal-hal ini akan diberikan pada bagian yang berbeda dalam situs ini.


Comments

blog comments powered by Disqus